Kota Bima Kembali Dilanda Banjir


Kerusakan pasca banjir di Kota Bima yang terjadi, Minggu (26/3/2017).
Kondisi rumah warha di Kota Bima pasca Banjir yang terjadi, Minggu (26/3/2017).

MNNEWS.INFO—Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali diterjang banjir. Hujan deras yang terjadi sekira pukul 17.30 Wita, Minggu (26/3/2017) sore lalu—merusak sejumlah fasilitas yang ada. Rumah-rumah warga ikut terendam banjir.

Data sementara Pemerintah Kota Bima yang dirilis oleh Plt Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Syahrial Nuryadin S.IP,MM menyebutkan, jumlah penduduk terdampak sebanyak 45.447 jiwa (11.793 KK) tersebar pada 24 kelurahan dari 38 kelurahan dan lima kecamatan.

Pada pukul 08.00 Wita, jumlah pengungsi sebanyak 4.277 jiwa tersebar pada 32 titik pengungsian. Pada pukul 19.00 Wita, tersisa 1.285 jiwa pada 4 titik.

Adapun kerusakan dan kerugian yang telah terdata adalah, 77 hektar tanaman padi berumur lebih dari 65 hari terdampak dengan rincian rusak berat (puso) sebanyak 15 hektar,  6 SD/MI/SMP/MTs terganggu proses belajar karena ruang kelas berlumpur, 2 Puskesmas terendam sehingga mengganggu proses layanan kesehatan. Perabot dan alkes rusak sedang, 8 ruas jalan yang berlumpur.

Disampaikan pula, upaya lanjutan yang sudah maupun sedang dilakukan yaitu pembersihan lumpur di 8 ruas jalan oleh Dinas Lingkungan Hidup (Kebersihan), TNI, Kepolisian dan masyarakat. Kemudian distribusi logistik berupa nasi bungkus dan air pada titik pengungsian, pendirian dapur umum di BPBD Kota Bima dan pendataan.

“Pemerintah Kota Bima menetapkan masa tanggap darurat selama lima hari, sejak 26 s/d 30 Maret 2017,” jelas Syahrial.(bop)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s