you're reading...
Headline

Pesta Demokrasi Tiga Desa di Madapangga Aman, Ini Pemenangnya


aa

Mayor Abdul Majid, calon Kepala Desa Monggo yang mendulang suara terbanyak.(foto:Haris) 

Bima (NTB)—Tiga desa di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima Provinsi NTB, telah melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) yang aman dan terkendali. Tak ada gesekan politik meski diantara para calon harus menerima kekalahan lewat pertarungan yang ditentukan oleh suara rakyat tersebut.

Sabtu (16/7/2016) kemarin, ada 58 desa di Kabupaten Bima yang melaksanakan Pilkades serentak. Salah satunya di Kecamatan Madapangga. Dari 11 desa yang ada—tiga desa di antaranya yaitu Desa Ndano, Monggo dan Tonda telah melewati pesta demokrasi tersebut.

Liputan langsung di lapangan—untuk Pilkades Monggo diikuti dua cakades. Yaitu calon nomor urut 1, Muhtar—dan nomor urut 2, Mayor Abdul Majid.

Hasil perhitungan terakhir, pemenang di tempati Mayor Abdul Majid dengan perolehan dukungan 1.299 suara—dan Muhtar mendapat 1.198 suara. Kemudian surat suara batal 12 lembar, dan yang tidak memberikan hak pilih 635 orang—dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 3.080 pemilih dan DPTB 66 pemilih.

Untuk Pilkades Tonda, diikuti lima cakades. Masing-masing perolehan dukungan suara—yakni cakades nomor urut 1, Salahudin mendapat 67 suara—cakades nomor urut 2, Andi Istadin memperoleh 271 suara—nomor urut 3 Abdullah Ahmad mendulang dukungan terbanyak 529 suara—nomor urut 4 Syafrudin mendapat dukungan 197 suara—dan cakades nomor urut 5, Jafar Muhamad alias Afan memperoleh dukungan 482 suara. Perolehan suara tersebut dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.591 pemilih, dan tambahan 25 orang pemilih KTP.

Kemudian Pilkades Ndano, hasil perolehan suara terakhir—untuk cakades nomor urut 1, Mulyadin HM Syukur memperoleh dukungan 362 suara—nomor urut 2 Mulyadin Sanusi memperoleh 197 suara—nomor urut 3 M Sidik mendapat 146 suara—nomor urut 4 Burhan mendapat 112 suara—dan nomor urut 5, Ridwan memperoleh dukungan 108 suara.

“Suara batal 7, abstain 2 suara, dan yang tidak memberikan hak pilih 157 orang—dari jumlah DPT 1.091 pemilih,” jelas Ketua Panitia Pilkades Ndano Dahlia Jufrin, ditemui di kediamannya, Minggu (17/7/2016) siang.

Sebelumnya, proses pemungutan (pencoblosan) surat suara Pilkades Ndano sempat diundur mengingat hujan deras di wilayah tersebut. “Karena cuaca buruk, kita undur dan dimulai jam 11.00 Wita hingga selesai. Dan, perhitungan surat suara pun berakhir pukul 17.30 Wita,” kata Dahlia. “Alhamdulillah, situasi keamanan pasca Pilkades di Ndano aman terkendali,” lanjutnya.(bop)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: