you're reading...
Headline

Penutupan Praktek Lapangan II Madya Praja IPDN Kampus NTB


Kepala desa Rasabou kecamatan Bolo  Zulkisman SH didampingi istri Fatimah dan beberapa staf desa, pose bersama peserta Praktek Lapangan II Madya IPDN Kampus NTB.

Kepala desa Rasabou kecamatan Bolo Zulkisman SH didampingi istri Fatimah dan beberapa staf desa, pose bersama dengan 15 peserta Praktek Lapangan II Madya Praja IPDN Kampus NTB.

Bima (NTB)—Kegiatan Praktek Lapangan II Madya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus NTB di kecamatan Bolo dan Madapangga, berakhir. Penutupan dan pelepasan Praja IPDN tersebut oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda kabupaten Bima Putarman SE, di Paruga Nae Bolo, Selasa (3/6) lalu.
Pada kesempatan itu, Putarman SE mengemukakan, kegiatan yang telah dilaksanakan selama tiga minggu, diharapkan dapat menjadi referensi untuk diaplikasikan di daerah dimana ditempatkan. “Jangan bosan-bosan membuatkan program di kabupaten Bima,” harap Putarman dalam sambutannya.
Sebanyak 191 desa yang ada, tentu banyak dukungan dan fasilitasi yang diharapkan dari IPDN. Untuk ke depan, kerjasama yang telah terjalin ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan lagi.
Secara khusus, Asisten II menyampaikan kepada para dosen pembimbing, bahwa selama praktek lapangan di kecamatan Bolo dan Madapangga, bila ada hal-hal yang kurang berkenan, mohon tinggalkan. “Bawa pulang saja hal-hal yang baik,” canda Putarman.
Sementara itu, Pembantu Direktur Bidang Akademik dan Kerjasama IPDN Kampus NTB DR Diah Puspita MM dalam laporannya menyampaikan, sejak 16 Mei 2014 lalu, kondisi peserta selama kegiatan PKL yang terdiri dari 23 anggota tetap, 11 anggota antar kabupaten, 10 staf Tata Usaha dan 150 Madya Praja yang terdiri dari 121 putra dan 39 putri—telah menerapkan tiga program, yaitu bidang pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.
“Ketiga program ini dijabarkan dalam beberapa kegiatan. Seperti pendampingan administrasi desa, pembuatan profil, monografi desa, anjangsana dan sosialisasi sekolah kepamongprajaan,” ujar Diah Puspita.
Capaian yang diharapkan dari kegiatan tersebut, dapat memberikan manfaat tiga bidang pemerintahan di kecamatan dan desa lokasi PKL, agar terjadi perubahan yang cukup baik dan dapat dirasakan dalam dukungan program kerja kelompok.
Kegiatan berkaitan bidang kependudukan yang telah dilaksanakan, misalnya sensus kependudukan. Sedangkan bidang pemerintahan dan kemasyarakatan, beberapa kegiatan telah dituntaskan. Diantaranya, perbaikan struktur organisasi, monografi desa, administrasi KTP, sosialisasi UU Desa, penghijauan, pembenahan nama jalan desa dan rehabilitasi Poskamling.
Dalam bidang sosial para Praja, lanjut Diah Puspita, mengadakan perlomban bidang agama, olah raga dan seni serta baris berbaris. “Sehingga pembenahan administrasi desa, telah menghasilkan 18 jenis buku untuk administrasi desa,” katanya.
Diakhir laporannya itu, Diah memaparkan jumlah pendudukan—seperti di kecamatan Madapangga sebanyak 13.602 jiwa dan kecamatan Bolo 19.836 jiwa—sehingga total sebanyak 33.698 jiwa yang merupakan potensi.
Pemerintah daerah dan masyarakat diharapkan lebih maju dan terbuka. Karena dengan keberhasilan yang dicapai saat ini dapat menjadi contoh dalam pelaksanaa praktek lapangan di daerah lain. “Ke depan, Kabupaten Bima dapat menjadi laboratorium pemerintahan bagi Praja,” harapnya.
Sementara itu, acara penutupan dan pelepasan Kegiatan Praktek Lapangan II Madya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus NTB tersebut, juga dihadiri para kepala SKPD, Camat Bolo H Muhammaddin S.Sos, Camat Madapangga Asikin S.Sos, dan 10 kepala desa yang menjadi lokasi kegiatan Praja IPDN.(adi)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: