you're reading...
Hukum

Pasca Konflik, Situasi Keamanan di Cenggu-Nisa Sudah Normal


100_9879MNnews (NTB)—Situasi keamanan pasca konflik antara warga desa Nisa kecamatan Woha dan Cenggu kecamatan Belo kabupaten Bima Provinsi NTB pada sepekan lalu, kini sudah kembali normal. Meski demikian, aparat kepolisian dibantu TNI masih melakukan penjagaan di sekitar wilayah tersebut.
Sebelumnya—konflik terjadi setelah dilakukan islah kedua belah pihak. Namun beberapa jam kemudian, konflik kembali terjadi. Pertikaian kedua warga terjadi pada sore hari, tanggal 27 Agustus 2013 lalu, mengakibatkan tiga orang warga desa Cenggu mengalami luka serius. Kejadiannya berlangsung di lahan pertanian so Mangge dan Soja, atau diantara batas wilayah kedua desa tersebut.
Dalam peristiwa itu, tiga orang warga terluka terkena timah panas. Mereka adalah Supriyadin (30) mengalami luka dibagian kaki kanan, Sudirman (30) luka tembak pada punggung dan Ruslan (53) dibagian kanan perut.
Warga Nisa saat itu sempat menguasai separuh wilayah desa Cenggu. Dua rumah setempat yakni milik kepala desa dan Ketua BPD, hangus dibakar.
Masyarakat Cenggu, sangat kecewa dengan sikap aparat yang saat itu bersiaga di wilayah mereka, tidak bisa menahan warga seberang masuk di perkampungan Cenggu. Sehingga dengan mudah menyerang dan membakar rumah warga.
“Seandainya pihak aparat keamanan saat itu tegas menghalanginya, tidak mungkin ada kejadian seperti ini. Dan, sebaliknya, aparat keamanan justru menyuruh warga Cenggu agar masuk kampong, sementara warga desa Nisa tidak mereka cegah,” kata Kepala Desa Cenggu Hidayat.
“Saat ini, saya hanya numpang di rumah-rumah warga, karena rumah yang saya miliki beserta isinya hangus dibakar,” tutur Kades sedih.
Kepala Kepolisian Polres Kabupaten Bima melalui Kasubag Humas AKP Sutriyanto yang di konfirmasi menyusul komplain warga Cenggu, mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan komentar terkait insiden tersebut.(Jaya Wardana)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: