you're reading...
Hukum

11 Ribu Warga NTB Pengguna Narkoba


narkobaMNnews (NTB)—Berdasarkan hasil survei Badan Norkotika Nasional (BNN), sedikitnya 11 ribu warga NTB terindikasi pengguna narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba). Dan, 5.950 di antaranya masuk dalam golongan pecandu.
Kenyataan itu diungkapkan Direktur Reserse Narkoba Polda NTB Kombes Pol Drs Ricky Simonrais saat ditemui sebelum acara pembukaan Road Show Anti Narkoba di gedung Sama Kai, Rabu (28/8) lalu. Dalam kegiatan yang dihadiri Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin dan diikuti ratusan siswa SMA sederajat—Ricky menjelaskan—jenis Narkoba yang banyak dikonsumsi adalah ganja, sabu-sabu, dan ekstasi.
Menyadari pengguna terbesar adalah generasi muda, pihaknya intens melakukan sosialisasi terutama pada kalangan pelajar. Pengunaan barang haram tersebut, selain merusak kesehatan, juga membawa implikasi lain yang lebih serius. Misalnya sebagai pemicu tindakan kriminalitas. “Salah satunya adalah mencuri untuk mendapatkan Narkoba,” katanya.
Sementara itu, Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin dalam kesempatan itu, mengingatkan pada seluruh pelajar dan kalangan generasi muda agar tidak coba-coba berkenalan, apa lagi mencoba barang yang membahayakan itu. Kepada orang tua juga diingatkan untuk menjaga anaknya masing-masing agar memiliki karakter dan kepribadian serta ahlak yang baik, sehingga tidak terjerumus dalam kegiatan yang dapat mengancam masa depan mereka.
Dalam kesempatan itu pula, Bupati membuat ikrar bersama ratusan siswa yang hadir. Yakni, setiap hari mereka minimal berbicara dengan tiga orang menyangkut bahaya penggunaan Narkoba. Bupati bahkan menyediakan bonus khusus bagi pelajar yang mampu berbicara masalah Narkoba dengan banyak orang.
“Saya kasih waktu tiga bulan. Bagi yang terbukti berbicara banyak tentang narkoba pada orang lain, saya berikan hadiah,” janji Bupati tanpa menyebut jenis bonus yang akan disediakan itu.(Rifaid)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: