you're reading...
Politik

Bupati Dompu Kecewa ‘Kendornya’ Kedisiplinan PNS


Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin.

Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin.

MNnews (NTB)—Di tengah upaya pemeritah menggalang profesionalisme, sikap para PNS yang berada di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu justeru semakin mengendorkan tingkat kedisiplinan selaku aparatur negara.
Indikasinya, hanya segelintir PNS yang memaksimalkan jam kerja dalam menjalankan tanggung jawabnya selaku abdi negara. Selebihnya membolos oknum PNS setelah mengisi absensi. Parahnya lagi, ketika Bupati tidak berada di daerah, kemalasan PNS semakin menjadi-jadi.
Sikap para PNS ini, rupanya sudah tidak dapat ditolerir lagi oleh Bupati. Pada saat apel koordinasi di lapangan Beringin Kantor Pemkab, Senin lalu, orang nomor satu di bumi ‘Nggahi Rawi Pahu’ itu benar-benar kecewa dengan kinerja yang ditunjukkan bawahannya. Ia rupanya sudah gerah dengan tingkah pola PNS yang kelihatannya hanya menunjukkan loyalitas semu. “Kalau Bupati tidak ada di Dompu. Kantor ini (Setda,red) nyaris kosong,” keluh Bupati.Menyadari hal itu, pihaknya akan terus memantau dan melakukan Sidak setiap saat agar PNS tetap melaksanakan tugas selama jam kerja. Selain itu, akan senantiasa menguji pemahaman PNS terhadap Panca Prasetya Korps PNS. “Setiap saya ketemu pegawai, saya akan tanyakan mengenai Panca Prasetya Korps PNS. Apakah dia hafal atau tidak,” ancamnya.
Selain peningkatan kedisiplinan dalam hal menjalankan tugas dan kewajiban selaku abdi negara dan abdi masyarakat, PNS juga dinilai malas untuk diajak hidup sehat. Dia melihat, seperti pada kegiatan olah raga yang dilaksanakan tiap hari Jum’at, hanya sebagian kecil PNS yang turut aktif. “Di ajak hidup sehat saja, sudah susah,” ucapnya.
Menanggapi keluhan Bupati, disikapi beragam oleh bawahannya. Tidak sedikit di antaranya yang menyambut dingin kritikan atasannya tersebut. Karena menyadari tingkat kedisiplinan PNS di lingkup Pemkab Dompu sulit untuk dibenahi dalam waktu singkat. “Paling upaya tersebut hanya berlangsung beberapa hari saja. Sesudah itu, irama kerja PNS kembali seperti biasa,” kata sejumlah PNS.(Rifaid)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: