you're reading...
Daerah

Kontribusi PAD Kabupaten Dompu Hanya 5 Persen dari Belanja Pegawai


Ka DPPKAD DompuMNnews (NTB)—Besarnya belanja pegawai di Kabupaten Dompu rupanya tidak sebanding dengan jumlah pendapatan yang digenjot melalui PAD pada tiap tahunnya. Sebab dari total target belanja sebasar Rp656 miliar lebih pada tahun 2013 ini, jumlah dana yang ditargetkan masuk melalui PAD hanya Rp32 miliar lebih. Sehingga kontribusi PAD dari total belanja satu tahun hanya berkisar 5 persen
“Dengan rasio itu, Kabupaten Dompu masuk dalam kategori daerah dengan viskal rendah,” ungkap Kepala Dinas PPKAD Dompu Ir H Rasidin Suryadi MSI saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/1)
Rasidin mengungkapkan, kondisi ini membuat sistem keuangan pada tahun 2013 mengalami devisit hingga sebesar Rp14 miliar lebih. Namun untuk tetap mempertahankan agar posisi keuangan tetap berimbang, pihaknya menggunakan dana cadangan tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp 20 miliar berupa sisa hasil perhitungan akhir (Silpa).
Dijelaskan pula, dari pendapatan sebesar Rp656 miliar ditambah target PAD Rp32 miliar, sebanyak 62 persen dihabiskan untuk belanja tidak langsung. Yakni untuk pembayaran gaji pegawai dan pembayaran tunjangan pejabat. Sedangkan porsi untuk belanja langsung hanya sebesar 32 persen.
Menyinggung berjalannya anggaran tahun ini, menurut mantan Kadis Kelautan dan Perikanan itu, bahwa dukumen APBD yang sudah dikembalikan dan disahkan oleh pihak Provinsi, akan segera dikirim lagi ke Depdagri. Namun demikian, anggaran sudah bisa berjalan sejak awal Januari.(Rifaid)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: