you're reading...
Politik

H Yusuf Lesa Lirik DPR Pusat Menuju Perubahan


H.Yusuf Lesa, M.Si, saat menerima penghargaan dari Presiden RI atas prestasi yang diraih dalam dunia pendidikan.

H.Yusuf Lesa, M.Si, saat menerima penghargaan dari Presiden RI atas prestasi yang diraih dalam dunia pendidikan.

MNnews (NTB)—Lebih dari 40 tahun mengabdi sebagai guru—Drs H Yusuf Lesa M.Si—tak henti-hentinya ingin mengabdi pada masyarakat. Kendati telah berakhir mengabdi di dunia pendidikan, namun bagi H Yusuf masih belum puas meski disisa umurnya itu. Di awal 2013 ini, H Yusuf sudah bertekad ingin mengabdikan melalui jalur politik, yakni masuk menjadi salah satu kandidat calon DPR RI dari Partai Nasdem untuk Dapil NTB.
Mantan guru teladan Nasional tahun 1991 ini, memiliki salah satu alasan bergabung dengan partai Nasdem, yaitu tertarik karena membawa misi gerakan perubahan dengan komitmen utama memberantas korupsi.
Komitmen partai yang didirikan Surya Paloh ini mulai terlihat, ketika dirinya masuk sebagai salah satu kandidat calon DPR Pusat. Tidak ada setoran-setoran sedikitpun pada partai tersebut. Justeru sebaliknya, partailah yang mengeluarkan biaya untuk caleg, asal bersangkutan benar-benar menunjukkan kinerja.
Menariknya lagi, kandidat calon legislatif itu bukan didroping oleh partai dari pusat, tapi figure yang diinginkan masyarakat. Bahkan untuk mengukur seberapa besar dukungan masyarakat terhadap dirinya, tentu merupakan hasil survei tim yang ditunjuk Partai. Survey itulah yang menentukan bersangkutan bisa masuk sebagai calon legislative atau tidak. “Partai bahkan menyiapkan dana bantuan bagi figure yang memiliki popularitas tinggi,” ujar Bapak lima anak ini.
Bagi warga Bima, nama Drs H Yusuf Lesa M.Si, tokoh yang tidak asing lagi. Pasalnya, pria kelahiran 1951 di Desa Karumbu, Kecamatan Langgudu ini, telah mengawali kariernya sebagai guru sukarela tahun 1971. Empat tahun kemudian, dia diangkat menjadi PNS, bertugas di SDN Karumbu, Kecamatan Langgudu.
Selain mengajar di SD, H Yusuf Lesa juga mengabdi di SMP Karumbu yang didirikan bersama beberapa orang temannya tahun 1975. “Di SMP itu, saya mengajar ilmu pasti. Karena mata pelajaran tersebut belum ada gurunya,” katanya.
Sejak awal, alumni SPGN Bima 1971 ini, mengaku memiliki ketertarikan dengan ilmu pasti (Matematika). Ketika mengajar di SMP Karumbu, ketertarikannya terus bertambah. Hingga tahun 1991, dia pun mengikuti lomba guru teladan tingkat Kecamatan Wawo (sekarang Langgudu). Diawali seleksi guru teladan tersebut, akhirnya lolos juara satu, dan diutus mengikuti lomba tingkat Kabupaten Bima.
Di tingkat Kabupaten Bima, H Yusuf Lesa cukup menonjol dibanding peserta lain, sehingga dirinya meraih juara satu dan mewakili Kabupaten Bima ditingkat Provinsi NTB. Begitupun di NTB, alumni STIP Bima 1985 ini kembali berhasil keluar sebagai juara, sehingga diutus ke tingkat Nasional.
Prestasi puncak pun berhasil di torehkannya, meraih predikat guru teladan Nasional tahun 1991. Sehingga diutus pemerintah Indonesia ke Jepang.
Prestasi Nasional itu diraihnya, ketika masih bertugas sebagai guru pada SDN Inpres Sambane, Desa Rupe, Kecamatan Langgudu. Prestasi itu tidak hanya mengangkat pencitraan dirinya, tapi juga nama baik NTB di kancah Nasional. Apa lagi saat itu IPM NTB anjlok, nomor dua dari bawah, di atas Timor-Timur.
Keberhasilannya meraih predikat guru teladan Nasional, H Yusuf Lesa mendapat penghargaan dari pemerintah RI, berupa kenaikan pangkat istimewa satu tingkat, dari golongan III/a ke III/b. Kenaikan pangkat istimewa itu disematkan langsung Kepala BAKN saat itu, AE Manihuruk. “Untuk hadiah, saya mendapatkan sepeda Ontel dengan TV,” akunya bangga.
Tidak hanya itu, H Yusuf Lesa juga menorehkan prestasi lain, sebagai kepala sekolah berprestasi dan pengawas berprestasi tingkat Nasional.(adi)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: