you're reading...
Headline

KPR Serukan Tolak Tambang di Dompu


foto: Ilustrasi MN

Media Nusantara (NTB)—Kegiatan pertambangan yang berlokasi di Kecamatan Hu’u terus mendapat sorotan. Inikali, mahasiswa yang tergabung dalam Komite Perjuangan Rakyat (KPR) mendesak Pemerintah Kabupaten Dompu membekukan kegiatan PT Sumbawa Timur Minning (STM) yang mengelola lahan ribuan hektar di Kecamatan Hu’u.
Massa KPR yang diperkirakan 30 orang itu memulai aksi sekira pukul 09.00 Wita. Mereka berorasi sambil teatrikal disepanjang jalan menuju kantor DPRD Dompu. Aksi itupun sempat memacetkan arus lalulintas, terutama di pusat pertokoan Dompu hingga menuju kantor wakil rakyat.
Di depan kantor DPRD, massa aksi di bawah komando Alfan menpersoalkan tentang pemberian izin tambang di bumi ‘Nggahi Rawi Pahu’. Mereka meminta pemerintah segera mencabut izin pertambangan dimaksud. Alasannya, dalam sejarah pertambangan di Indonesia, limbah pertambangan dapat merusak kehidupan masa depan anak bangsa. Masyarakat Dompu selama ini lebih mengadalkan hasil pertanian dan sektor kelautan dalam memenuhi hajat hidupnya daripada tambang.
Aksi itupun juga mengundang perhatian publik disepanjang jalan—dimana wajah-wajah mereka dibedak putih hingga kepala. Corakan tersebut menandakan agar pemerintah segera mencabut izin pertambangan sebelum mencelakai rakyat.
Pantauan langsung MN—aksi juga sempat memanas menyususl terjadi dorong mendorong dengan aparat kepolisian yang disiagakan di lokasi. Hingga massa KPR berhasil digiring ke Taman kota Dompu karena tidak ada anggota dewan yang bersedia menerima kehadiran mereka.
Sementara Kabag Ops Polres Dompu AKP Andie yang terus memantau kegiatan KPR, meminta mereka untuk melakukan aksi secara tertib dan tidak mengganggu aktivitas lalulintas—karena aksinya tersebut tidak ada izin dari pihak kepolisian.
“Kami sudah minta kepada mereka untuk tertib dalam melakukan aksi, apalagi mereka belum mengantongi izin demo,” jelas Andie.(Fai)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: