you're reading...
Headline

Masyarakat Dompu yang Miliki KTP Hanya 48 Persen


Dompu,MN—Tercatat hanya 48 persen warga mayarakat di Kabupaten Dompu yang memiliki kartu identitas berupa KTP. Selebihnya 52 persen dari 179.000 lebih mayarakat wajib KTP belum memiliki kartu identitas dimaksud. Hal itu dikemukakan oleh Plt Sekda Dompu, H Agus Buchari SH MSi, Sabtu (5/5).
Lebih lanjut pria yang juga sebagai Kepala Dinas Catatan Sipil mengungkapkan, kepemilikan KTP bagi sebagian besar masyarakat Dompu selama ini dianggap bukan merupakan kaharusan dan kewajiban. Biasanya masyarakat khususnya yang berada di desa, hanya membuat KTP jika membutuhkan, seperti untuk melengkapi persyaratan mengambil kredit pada lembaga perbankan, dan ketika hendak mendaftarkan masuk sebagai calon anggota TNI dan Polri.
Kondisi ini pun, kata Agus Buchari, masih dikacaukan dengan kebaradaan pihak PJTKI yang membuat kelengkapan dokumen masyarakat Dompu di wilayah lain.
Menyadari hal itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah perangkat pendukung dalam pembuatan KTP elektronik (E-KTP), disamping mensosialisasi guna menyadarkan warga akan pentingnya memiliki KTP. “Kita akan berupaya agar seluruh warga wajib memiliki KTP,” tandasnya.
Saat ini, lanjut Agus Buchari, pihaknya sedang memasang empat unit perangkat pembuat E-KTP serta menambah daya listrik. Ia berharap dengan adanya dukungan perangkat tersebut kegiatan pembuatan KTP bagi warga Dompu dapat diselesaikan pada tahun 2012 ini, bersamaan dengan 312 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. “Kami targetkan tahun ini pembuatan E-KTP harus rampung,” katanya.(rifaid)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: