you're reading...
Headline

TKW NTB Ikut Demo KBRI di HongKong


Tuntut Kenaikan Upah

TKW Indonesia di HongKong demo KBRI minta upah mereka segera dinaikan awal Juni 2012 mendatang. (foto:AREGA)

HongKong (Media Nusantara)—Ratusan Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia yang bekerja di daratan HongKong – Cina, mendatangi Central kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di HongKong, Senin (1/5/2012) kemarin. Mereka meminta KBRI untuk memperjuangkan nasib TKW Indonesia agar upah gaji mereka di negara tersebut dinaikan.
Sumber setempat menyebutkan, aksi itu dilakukan mulai siang hingga sore hari. Para TKW tersebut dengan semangat menuju Central Kantor KBRI dengan kepala diikat kain merah putih.
Aparat kepolisian HongKong berjaga-jaga di depan Central kantor KBRI. Namun aksi tersebut tidak ada anarkis sehingga pendemo asal TKW Indonesia bubar dengan tertib kembali ke tempat semula, di CAUSWAYBAY.
Meski belum ada jawaban dari pihak KBRI, TKW Indonesia di HongKong berharap pada Juli 2012 mendatang upah gaji mereka dapat dinaikan.
Sebelumnya, ratusan TKW Indonesia ini berkonsentrasi di CAUSWAYBAY—lalu mereka bergabung dengan aliansi lainnya di Victory, dan berjalan kaki sekitar 2 kilometer menuju WANCHAI, kantor pemerintah pusat di HongKong.
Selain TKW Indonesia—masyarakat dari golongan ekonomi lemah di negara tersebut juga turun ke jalan menuju kantor pusat pemerintah setempat. Mereka juga menuntut agar pemerintah HongKong memberikan kesejahteraan masyarakatnya terutama yang belum memiliki rumah tempat tinggal.
“Disamping demo minta kenaikan upah bagi TKW, aksi ini pula sebagai bentuk solidaritas kami di hari buruh se-dunia,” ujar Dira, salah satu TKW Indonesia, asal Daerah Kabupaten Dompu-NTB.
Dira mengaku dirinya sudah tiga tahun lamanya bekerja di HongKong. Dia memperoleh upah/gaji dari majikannya senilai Rp3.750.000 per bulan.
“Ada juga sih yang dapat gaji standar $2.000 HongKong pe bulan, namun tergantung majikan masing-masing,” kata Dira kepada MN via selulernya, pasca demo.
Sementara informasi yang diperoleh dari TKW Indonesia lainnya di HongKong menyebutkan, pada 1 Juli 2012 nanti akan terjadi aksi demo besar-besaran di negara tersebut. Beberapa aliansi asyarakat di negara itu akan turun menuju WANCHAI, pusat kantor pemerintah di HongKong.(adi arega)

Diskusi

2 thoughts on “TKW NTB Ikut Demo KBRI di HongKong

  1. nama saya sumarni.saya TKW Indonesia.saya punya msalah di hongkong..saya di perkosa dan di haniyayah.
    mohon bantuannya Bpk/ibu di tempat

    Suka

    Posted by SUMARNI | Mei 4, 2012, 2:50 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: