you're reading...
Headline

Pemda Dompu Dililit Hutang dari Rentenir?


“H Bambang Diminta Ikut Bertanggung Jawab”

Aksi Demo dari GMD dan Gussu Waru meminta Bupati Dompu-NTB bertanggung Jawab.

Dompu (Media Nusantara)—Pemerintah Daerah kabupaten Dompu – NTB dan Anggota DPRD setempat terus menuai kritikan tajam dari sejumlah elemen mahasiswa dan masyarakat di daerah itu. Tuntutan yang kerap tak henti-hentinya tersebut terkait belum adanya solusi dalam penyelesaian hutang hampir Rp6 miliar yang dipinjam bendahara Sekretariat Daerah pada beberapa rentenir.
Konon, hutang yang dilakukan bendahara Sekda Dompu itu dipakai untuk memenuhi kegiatan kepala daerah termasuk membiayai perjalanan dinas serta kebutuhan kegiatan-kegiatan lainnya.
Sedangkan awal mula pinjaman uang pada rentenir itu karena proses pencairan anggaran di birokrasi tersebut terlambat, sehingga bendahara pun mentalangi dengan uang hasil pinjaman.
Seperti aksi demo yang dilakukan aliansi Gerakan Mahasiswa Dompu (GMD) dan Gussu Waru yang terus mendesak Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin agar segera menyelesaikan hutang dari yang dipinjam dari dari rentenir. Selain itu, mereka juga meminta agar 30 unit sepeda motor jenis Yamaha Vixion yang diperuntukkan anggota DPRD setempat, dikembalikan dari alokasi dana APBD I tahun 2011.
Para pendemo juga mengecam bahwa kebijakan-kebijakan pemerintahan Drs H Bambang M Yasin dinilai mati dan tidak pro rakyat. Karena menurut mereka, kebijakan tersebut hanya menguntungkan sebelah pihak dan kepentingan bagi individu dan kelompok tertentu—akibatnya rakyat Dompu menjadi sengsara.
Pantauan langsung MN di lokasi, aksi demo bermula di depan gedung DPRD Dompu, di Jln Sultan Hasanuddin. Karena tak satupun para wakil rakyat yang menemui, mereka pun bertolak menuju kantor Pemda setempat.
Di didepan kantor Pemda, pendemo berorasi hingga sejam lebih. Namun selama itu tidak pihak yang menemui penedemo pun bubar dengan sendiri. Menurut informasi yang diperoleh di lokasi itu, Bupati Dompu H Bambang masih berada di luar daerah.
Sementara menurut sumber pendemo, aksi akan berlanjut dengan jumlah massa yang cukup besar jika Bupati Dompu dan anggota DPRD setempat tidak menyelesaikan sejumlah kasus yang ada.(bop)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: