you're reading...
Hukum

Ada Tindak Kekerasan di RS Persiapan Bima


Bima (Media Nusantara)—Kasus kekerasan kerap terjadi dimana saja. Namun ini kali, dugaan tindak kekerasan tersebut terjadi di tempat pelayanan kesehatan masyarakat, di Rumah Sakit (RS) Persiapan, di desa Sondosia kecamatan Bolo, kabupaten Bima – NTB. Korban dan pelaku pun bukan masyarakat biasa, melainkan pegawai yang bertugas di RSU setempat. Dalam kejadian ini, telah menimpah seorang asisten dokter bedah yang diduga dianiaya oleh Kepala Tata Usaha setempat.
Bagaimana awal kejadian ini hingga masuk dalam ranah hukum.
Berikut catatan Tim MN dalam penelusuran.
Sabtu (18/2/2012) lalu, diperkirakan pukul 08.00 WITA—Rugayah A.Md.Kep yang bekerja di RSU setempat sekaligus sebagai asisten dr Yulian, menjadi korban dugaan tindak pidana penganiayaan yang terjadi di tempat pelayanan kesehatan itu. Pelakunya pun diduga dilakukan oleh Amiruddin yang juga sebagai Kepala Tata Usaha RS Persiapan.
Dalam kasus tersebut, hanya berawal dari persoalan rencana perubahan loket tempat penerimaan pendaftaran pasien—dan berdasarkan hasil rapat bersama para pegawai setempat, masing-masing Poli diputuskan memiliki loket tersendiri untuk penerimaan pendaftaran pasien berobat. Sehingga keputusan itupun berjalan enam bulan lamanya.
Namun dalam sepekan kemarin, tiba-tiba muncul persoalan agar tempat penerimaan pendaftaran pasien di Poli Bedah dipindahkan ke loket umum. Keputusan tersebut dilakukan oleh kepala TU (Amiruddin,red) tanpa ada koordinasi kembali ataupun rapat bersama dengan para pegawai yang ada seperti dilakukan sebelumnya.
“Keputusan yang diambil oleh kepala TU (Amiruddin,red) tersebut dinilai melanggar hasil rapat bersama enam bulan sebelumnya. Pasalnya, jika pun ada rencana perubahan seperti itu, semestinya dilakukan rapat kembali bersama dengan para pegawai di RSU setempat,” ujar Rugaya mengisahkan awal kejadian yang menimpah dirinya itu.
Meski demikian, Kisah Rugayah kembali, Amiruddin tetap ngotot pada dirinya agar loket penerimaan pendaftaran pasien berobat di Poli Bedah dipindahkan ke loket umum.
Belum lama itu, Amiruddin langsung ke tempat sekitar lokasi penjagaan Satpam. “Karena ada anggota yang menjual barang pakai disekitar itu, saya pun merapat ke sana, dan tak lama di lokasi pun, Amiruddin langsung menampar pipih kanan saya tiga kali. Sesudah itu, dia pun kembali memukul saya,” kata Rugayah didampingi suaminya saat ditemui tim MN di kediaman, Jum’at (24/2/2012) malam kemarin.
Akibat kejadian yang menyedihkan itu, Rugayah mengaku baru sadar setelah berada diruang kerjanya, di loket Poli Bedah. Bahkan dirinya baru tahu bahwa seorang rekan sekerjanya yang papah ke ruangan.
Setelah sadar, lanjut dia, Amiruddin kembali memaksa dan menarik dirinya untuk naik ke atas lantai dua RS setempat—namun dirinya berontak dan menolak.
Menurut korban, selain dianiaya—dirinya juga telah dipermalukan oleh Amiruddin dihadapan rekan sekerja maupun orang lain yang ada disekitar kejadian.
Akibat kejadian itupun, korban bersama suami akhirnya melaporkan hal tersebut ke Polres Bima. Namun sebelumnya, korban dibawa suaminya ke Puskesmas Woha untuk di Visum.
Sementara itu, Amiruddin SKM yang dikonfirmasi tim MN di RSU Persiapan di desa Sondosia, Sabtu (25/2/2012) pagi, tidak ada di kantor. Namun menurut pegawai setempat, Amiruddin sudah ke Bima dipanggil oleh Direktur RSUD Bima, di Kota Bima.
Kemudian sore harinya, tim MN menemui Amiruddin di kediamannya. “Persoalan ini sudah diserahkan pada pengacara saya (Syaiful Islam,red)—silakan hubungi beliau,” tandasnya saat menuju ke Masjid, sekitar kediamannya.
Berdasarkan surat laporan polisi nomor:LP / II/ 2012 / NTB / Res Bima, tanggal 18 Februari 2012—Rugayah yang bekerja sebagai asisten dr Yulian di RSU Persiapan di desa Sondosia telah melaporkan Amiruddin SKM (43) selaku Kepala Tata Usaha RSU setempat atas kasus dugaan tindak pidana penganiayaan yang terjadi di RSU setempat.(tim)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: