you're reading...
Daerah

Capaian e-KTP Kabupaten Bima hingga Januari 2012


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Bima , Drs Sirajuddin AP.MM

Bima,MN—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Bima menyampaikan Rekapitulasi Pencapaian Pelaksanaan Perekaman/pemotretan (e-KTP) di seluruh wilayah Kabupaten Bima posisi tanggal 16 Januari 2012 lalu.
Kepala Dinas Disdukcpencapil Drs Sirajuddin AP.MM menyatakan, bahwa target perangkat e-KTP yang didistribusikan ke 18 kecamatan se Kabupaten Bima berjumlah 38 set standar. Masing-masing kecamatan mendapat 2 set standar—sedangkan untuk kecamatan Sape mendapat 1 set pinjaman tambahan. Sehingga total perangkat e-KTP yang didistribusikan berjumlah 39 set atau mencapai 92,31 persen.
Untuk instalasi perangkat e-KTP yang pengaturan (setting), pemutakhiran, pengujian aplikasi dan layanan sudah dilaksanakan di seluruh Kecamatan kecuali pada kecamatan Tambora. Pada item pengujian aplikasi tidak bisa dilaksanakan di kecamatan Tambora karena kendala jaringan. Sirajuddin mengakui prasarana/sarana pendukung operasional e-KTP di seluruh kecamatan di Kabupaten Bima yang terdiri dari Ruang Layanan, Jaringan Komunikasi, Sumber Daya Manusia (SDM) Daerah dan SDM DAMTEK, semuanya tersedia lengkap.
Sementara itu, data yang terekam dalam e-KTP sebanyak 200.215 jiwa dari 356.685 jumlah penduduk wajib KTP atau 56 persen. Bila mengacu kepada data Wajib KTP yang dikeluarkan Kemendagri 313.317 jiwa, maka capaian perekaman/pemotretan di Kabupaten Bima mencapai 70 persen.
Dari data pemotretan tersebut, kecamatan Bolo berada posisi tertinggi dengan wajib KTP 35.420 data yang terekam sebanyak 23.639 atau 67 persen, posisi kedua kecamatan Ambalawi wajib KTP 15.188 data yang terekam sebanyak 9.910 atau 65 persen, posisi ketiga kecamatan Soromandi wajib KTP 10.370 data yang terekam sebanyak 6.496 atau 63 persen. Kemudian disusul kecamatan Belo, Wera dan Sanggar (62%), Lambitu (61%), sedangkan capaian beberapa kecamatan lainnya berada pada rentang 46-61%. Sehingga secara keseluruhan, cakupan perekaman KTP elektronik (e-KTP) di Kabupaten Bima mencapai 56 persen. Jumlah ini merupakan yang tertinggi dari 4 kabupaten/kota di NTB yang melaksanakan kegiatan e-KTP.
“Masih sekitar 30 lebih persen warga yang belum melakukan perekaman karena sedang disibukkan dengan kegiatan pertanian di sawah dan ladang. Alasan lainnya adalah di Kabupaten Bima sering terjadi pemadaman listrik sehingga mempengaruhi jalannya perekaman e-KTP,” ungkap Sirajuddin.(yadin)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: