you're reading...
Headline

DPRD Sarankan Segera Diklarifikasi


“Rentenir Tagih Hutang di Bendahara Sekda Dompu”

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Dompu H Didi Wahyudin SE

Dompu (Media Nusantara)—Ketua Komisi II DPRD kabupaten Dompu H Didi Wahyudin SE menyarankan bahwa kasus yang mencuat terkait pinjaman uang kepada rentenir segera diproses dan diklarifikasi agar tidak menimbulkan imiz buruk masyarakat terhadap Pemerintah Daerah.
“Kalaupun dipinjam atasnama pribadi, konsekuensinya ditanggung oleh peminjam sendiri. Namun, jika pinjaman itu mengatasnamakan Pemda, ini akan menimbulkan kecurigaan dan dugaan,” tandas H Didi kepada Koran ini di ruang kerja Komisi II DPRD kabupaten Dompu, Selasa (6/12) siang kemarin.
Menurut H Didi, ada mekanisme yang mengatur Pemerintah Daerah boleh berutang ketika pembiayaan penggunaan lebih tinggi daripada rencana. Namun dalam struktur APBD 2011, tidak ada munculnya anatomi untuk biaya pembayaran hutang tersebut. “Jadi baik dalam APBD Murni dan APBD Perubahan 2011, tidak ada untuk biaya pemulihan hutang,” jelasnya.
Dia juga menyebutkan, dalam APBD Murni DPRD mengetok Rp8 miliar lebih kemudian pada APBD Perubahan ditambah Rp2 miliar untuk biaya di Sekda. Hanya saja yang menjadi pertanyaan adalah proses pencairannya apa memang tidak diawasi dan dikawal oleh Sekda selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) termasuk Asisten yang membidangi hal tersebut.
Didi juga mempertanyakan sistem koordinasi antara bendahara dengan atasan untuk melihat, mengukur dan mendeteksi sejauhmana proses penggunaan uang sesuai program dalam APBD.
Menyinggu dugaan kwitansi pinjaman yang berstempel Sekda, menurut H Didi, kita harus melihat bukti hukum dan kewenangan penggunaan stempel. Karena yang berwenang paling tidak adalah Sekda dan Asisten yang membidanginya. “Jadi, kalau dilihat sisi hukumnya, bendahara tidak memiliki kewenangan hal itu,” tandasnya.
H Didi menambahkan, ada klarifikasi dan penyelesaian yang harus dilakukan Pemerintah Daerah terhadap orang-orang yang diduga terlibat dalam penggunaan stempel Sekda tersebut.(yadin)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: