you're reading...
Hukum

LMAK Tuntut Transparansi Verifikasi Kelompok Ternak Sapi


Dompu (Media Nusantara)—Lembaga Masyarakat Anti Korupsi (LMAK) mempertanyakan kinerja tim 11 Dinas Peternakan kabupaten Dompu yang melakukan ferivikasi sejumlah kelompok ternak sapi untuk mendapatkan bantuan sapi melalui program Bumi Sejuta Sapi (BSS), Provinsi NTB.

Dalam orasi mereka, Rabu (16/11) lalu—LMAK juga mempertanyakan cara tim 11 memferivikasi sehingga dari 715 proposal yang masuk, diusul hanya 164 kelompok dan kemudian pihak di provinsi meloloskan 80 kelompok saja.

Meski demikian, 164 kelompok yang diusulkan ke Provinsi, diantaranya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan dimaksud. “Lantas dari sisi mana sehingga mereka bisa lolos dari ferivikasi tim 11 itu,” tanya Arifin H Abubakar dalam orasinya.

Ada beberapa point tuntutan LMAK dalam orasinya—seperti kebijakan pemberian bantuan sapi untuk 80 kelompok lewat program BSS yang diantaranya tidak memiliki kandang ternak, cara ferivikasi tim 11 dari dinas peternakan, serta kelompok yang memenuhi syarat tidak diloloskan. “Ini ada apa,” tandas Arifin.
Pantauan MN—usai berorasi—Kadis Peternakan Ir Fahruddin A Wahab M.Si langsung mengajak dialog terkait tuntutan mereka. Dalam kesempatan itu, Kadis menjelaskan secara detail termasuk hasil ferivikasi yang dilakukan tim 11 yang dinilainya sesuai mekanisme.
Usai berdialog, anggota LMAK bertolak menuju kantor Dikpora, Kejaksaan, DPRD dan Pemkab Dompu.

Di depan kantor Dikpora, mereka mempertanyakan terkait dana non sertifikasi guru senilai Rp100 juta. “Dana ini ada, tapi penerima kurang jelas,” kata mereka dalam orasi.

Sementara di depan kantor Kejaksaan Dompu, mereka meminta agar kasus yang dilaporkan sebelumnya diusut tuntas. Kemudisn di DPRD, pendemo ditemui langsung ketua Dewan terkait persoalan bantuan sapi. Dihadapan anggota LMAK, ia berjanji memanggil Kadis Peternakan, Sabtu (19/11/2011).

Hingga berita ini diturunkan, Ketua DPRD kabupaten Dompu belum dapat dikonfirmasi terkait hasil pemanggilan Kadis Peternakan tersebut.(yadin)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: