you're reading...
Headline

BPBD Akan Mendirikan Posko Kemanusiaan


Dompu (NTB)—Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Dompu Islam SH menyatakan, pemerintah kabupaten Dompu akan mendirikan posko sekaligus mensosialisasi kepada masyarakat dalam menghadapi situasi menyusul status gunung Tambora naik dari status waspada (level II) menjadi status siaga (level III). “Pendirian posko ini dilakukan Rabu (14/9), di kecamatan Pekat—dengan melibatkan semua pihak, yakni Polri/TNI, PolPP, dinas Perhubungan, Tim Reaksi Cepat, Tagana, dinas Kesehatan, PU, PLN, PDAM, Pramuka maupun Forum Komunikasi Masyarakat Tambora (FKMT),” ujar Islam didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Usman S.Sos, ditemui MN di kantornya, Sabtu.

Diakui, hingga saat ini (Sabtu-10/9,red), pihaknya belum sepenuhnya bergerak karena masih dalam persiapan lainnya—termasuk kebutuhan sebagai pendukung kelancaran tugas di lapangan. “Namun ada beberapa anggotanya yang sebelumnya sudah diturunkan ke lapangan,” katanya.

Sebelumnya, BPBD kabupaten Dompu telah melakukan rapat koordinasi dengan Dandim Dompu dalam hal persiapan kegiatan maupun sosialisasi dalam rangka kemanusiaan. “Begitupun dalam rapat terbatas kemarin, Bupati Dompu telah menyetujui penggunaan anggaran sebagai awal kegiatan tersebut,” ujar Islam.

Di kecamatan Pekat terdapat 11 desa, lima diantaranya masuk dalam status rawan ancaman dari letusan gunung Tambora—seperti desa Pancasila, Sori Nomo, Nanga Miro, Kadindi, Doro Peti (sori Tatangan), dan Nanga Kara sebagai desa persiapan.

Kelima desa itu, kata Islam, beragam jumlah penduduk—diantaranya desa sori Tatangan dengan 3.118 jiwa, Doro Peti sebanyak 2.836 jiwa, dan Sori Nomo 3.459 jiwa. “Namun data jumlah penduduk ini masih bersifat sementara,” ujarnya.(adi)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ARSIP

%d blogger menyukai ini: